Eddy Soeparno Nilai Kesiapan Pertamina dan PLN Sulawesi Jelang Lebaran Cukup Baik

    Eddy Soeparno Nilai Kesiapan Pertamina dan PLN Sulawesi Jelang Lebaran Cukup Baik
    Wakil Ketua Komisi VII Eddy Soeparno

     JAKARTA - Menjelang Hari Raya Idulfitri 1443 H selalu dibarengi dengan meningkatnya kegiatan masyarakat yang berdampak pada peningkatan konsumsi Bahan Bakar Minyak (BBM), gas maupun listrik. Untuk itu Komisi VII DPR RI melalui fungsi pengawasannya ingin memastikan pasokan tersebut dapat tercukupi jelang lebaran.

    Dalam kunjungan kerja kali ini, Wakil Ketua Komisi VII Eddy Soeparno menilai persiapan Pertamina dan PLN dalam menghadapi lebaran untuk wilayah Sulawesi secara keseluruhan sudah cukup baik. "Kami sudah memonitor tadi melalui command center PLN, kami sudah mendapatkan pemaparan dari Direktur Pertamina tentang kesiapan Pertamina dan diyakinkan bahwa Pertamina telah siap baik dari aspek BBM, ketersediaan, maupun distribusinya, " terangnya usai kunker di Makassar, Sulawesi Selatan (7/4/2022).

    PAPARAZI.CO.ID
    market.biz.id PAPARAZI.CO.ID
    20% Rp 125.000
    Beli sekarang!

    Meski secara keseluruhan dinilai sudah siap, Eddy mengatakan Komisi VII akan terus memantau perkembangan kesiapan menjelang hari raya melalui rapat dengar pendapat dan pemantauan anggota DPR di masing-masing dapil. "Meskipun nanti kondisi reses, tetapi masing-masing anggota yang nanti akan kembali ke dapilnya itu akan bisa memberikan hasil pandangan laporan kepada Pertamina dan PLN jika memang ada kendala di lapangan, " sebutnya. 

    Dalam kesempatan tersebut, tim juga meninjau  langsung command center PLN Makassar dan salah satu SPBU di jalan Dr. Sam Ratulangi Makassar. Berbagai hal yang dilihat adalah bagaimana PLN mengantisipasi kendala kelistrikan dan merespon cepat kendala tersebut, serta bagaimana respon masyarakat imbas dari naiknya harga Pertamax serta bagaimana ketersediaan solar di SPBU-SPBU utamanya SPBU yang berada di jalan-jalan antar kota.

     Menurut Eddy, di Sulawesi Selatan khususnya Kota Makassar, memang terjadi migrasi konsumsi BBM masyarakat dari pertamax ke pertalite, namun migrasi tersebut tidak masif. "Kami pada kesempatan hari ini juga melihat langsung di SPBU apakah adanya lonjakan permintaan pertalite setelah pertamax naik harganya dan ternyata memang ada migrasi tetapi tidak masif. Kami juga melihat apakah kesiapan BBM-nya disini tersedia? apakah ada antre? ternyata tidak, " ujarnya.

    Untuk itu, politisi fraksi PAN ini mengimbau masyarakat pengguna pertamax untuk tidak beralih ke pertalite. Sebab, menurutnya, pertalite merupakan BBM bersubsidi yang semestinya memang digunakan untuk orang-orang yang berhak menggunakan dan membutuhkan. 

    "Karena bagaimanapun juga, pertalite itu adalah bahan bakar yang sekarang jadi bahan bakar subsidi, sehingga masyarakat yang mampu ya mestinya sudah melakukan penyadaran atas kemampuan mereka dan kemudian tetap menggunakan atau beralih menggunakan pertamax, " imbuhnya. 

    Adapun kunjungan kerja Komisi VII di Sulawesi Selatan kali ini bertemu dengan Dirjen Migas KESDM, Dirjen Ketenagalistrikan KESDM, Kepala BPH Migas, Direksi PT Pertamina (Persero), Direksi PT PLN (Persero), Perwakilan Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan, Perwakilan Pemerintah Kota Makassar di Marketing Operation Region VII PT Pertamina (Persero).

    BERITATERBARU.CO.ID
    market.biz.id BERITATERBARU.CO.ID
    20% Rp 125.000
    Beli sekarang!

    Diketahui, PT Pertamina (Persero) dalam mengantisipasi peningkatan mobilitas masyarakat jelang lebaran akan membentuk satuan tugas (satgas) mulai 11 April-10 Mei 2022 yang melibatkan Tim Holding-Subholding Pertamina serta instansi terkait. Selain itu, pertamina juga akan menyediakan layanan tambahan BBM di jalur-jalur potensial serta menyiapkan Integrated Enterprise Data & Command Center (IEDCC) yang merupakan pusat informasi penyaluran energi yang akan siaga 24 jam. 

    Eddy Soeparno DPR RI KOMISI VII PAN
    Publiksumbar.com

    Publiksumbar.com

    Artikel Sebelumnya

    RUU TPKS Segera ke Paripurna, Puan Maharani:...

    Artikel Berikutnya

    Mulyanto Prihatin Cara Kerja Pemerintah...

    Berita terkait

    Peringkat

    Profle

    Afrizal verified

    Joni Hermanto

    Joni Hermanto verified

    Postingan Bulan ini: 76

    Postingan Tahun ini: 138

    Registered: Nov 16, 2020

    Linda Sari

    Linda Sari verified

    Postingan Bulan ini: 69

    Postingan Tahun ini: 286

    Registered: Aug 12, 2021

    Fernando Yudistira

    Fernando Yudistira verified

    Postingan Bulan ini: 42

    Postingan Tahun ini: 152

    Registered: Sep 5, 2021

    Riski Amelia

    Riski Amelia verified

    Postingan Bulan ini: 29

    Postingan Tahun ini: 156

    Registered: Aug 3, 2021

    Profle

    Riski Amelia verified

    Babinsa Koramil 01/Kota Solok, Lestarilan Kesenian Randai Bersama Warga Binaan
    Resmi Dikukuhkan, Dewan Kehormatan dan Pengurus PMI 2022-2027 Siap Mengabdi Untuk Kemanusiaan
    Atasi Air Bersih, PDAM dan Damkar Kolaborasi Giat Cuci Hole Sumur Bor Daerah
    Diberitakan Sepihak Dan Tendensius, Polres Pasaman Laporkan Media 'KN' Medan ke Dewan Pers

    Rekomendasi

    Presiden Jokowi: G7 dan G20 Harus Segera Atasi Krisis Pangan
    Mesum di Kamar Kos; Sepasang Kekasih di Padang Ditangkap Warga dan Digelandang ke Mako Satpol PP
    Harga Cabai Merah di Agam Rp 110 Ribu per Kg, Turun 10 Ribu
    LBH Padang Desak Polda Sumbar Selesaikan 5 Kasus Dugaan Penganiayaan, 4 Korban Meninggal Dunia
    Disinyalir Gelapkan Uang Nasabah, Koperasi GACI dan PT FSA Dilaporkan Ke Polda Metro Jaya

    Ikuti Kami