Tony Rosyid: Nasdem Atau PPP Yang Duluan Deklarasi Anies?

    Tony Rosyid: Nasdem Atau PPP Yang Duluan Deklarasi Anies?

    JAKARTA - Empat baliho PPP tertulis "Anies for Presiden 2024" terpasang di sejumlah titik di Bekasi. Sementara spanduk dengan tulisan yang sama juga bertebaran di semua titik kota Bekasi. Ini semacam deklarasi dari pinggiran Jakarta. Sebab, pemasangan empat baliho dan puluhan-ratusan spanduk atas sepengetahuan dan seijin DPP PPP. 

    Sebelumnya, sejumlah DPW PPP juga mendeklarasikan "Anies for Presiden 2024". Diantaranya DPW PPP Jogja dan DKI Jakarta. Dua kota yang pernah menjadi Ibu Kota Negara Republik Indonesia. 

    SENATORINDONESIA.COM
    market.biz.id SENATORINDONESIA.COM
    20% Rp 125.000
    Beli sekarang!

    Para kader PPP mendesak agar DPP PPP secara resmi segera mendeklarasikan "Anies for Presiden 2024". Sebab, hampir, kalau tidak dibilang seluruhnya, kader PPP mendukung Anies jadi presiden di 2004.

    Saat ini, Anies memang fenomenal. Cucu AR Baswedan ini memiliki integritas, kapasitas dan elektoral untuk menjadi presiden. Bagi rakyat, integritas dan kapasitas adalah dua hal yang paling utama. Dua hal ini yang memberikan  ekspektasi rakyat untuk masa depan bangsa yang lebih baik.

    Varient - News & Magazine Script
    market.biz.id Varient - News & Magazine Script
    4% Rp 722.800
    Beli sekarang!

    Bagi partai, hal utama adalah elektoral. Survei terakhir yang dilakukan Median, elektabilitas Anies menempati posisi tertinggi diantara semua kepala daerah. Elektabilitas Anies di atas Ganjar Pranowo, Ridwan Kamil dan Khofifah Indraparawansa.

    Bagi parpol, mendukung dan mengusung calon yang potensial menang dapat mendongkrak elektoral partai. Secara teoritis, pakem inilah yang berlaku. Apalagi, calon tersebut adalah kader partai. Saat ini, hampir semua partai tidak memiliki kader yang potensial untuk maju di Pilpres 2024.

    Latte espresso steamed milk
    market.biz.id Latte espresso steamed milk
    20% Rp 4.000
    Beli sekarang!

    Kecuali Ganjar, kader PDIP ini punya elektabilitas cukup baik. Namun tersandung dua hal. Pertama, posisinya sebagai kader dianggap mengancam Puan Maharani sebagai calon kuat ketum PDIP. Kedua, elektabilitas Ganjar bubble. Seperti gelembung yang mudah kempes. Apalagi, kampanye Ganjar umumnya lebih didominasi oleh gimmick. 

    Pertarungan jangka panjang butuh kontens. Yang dimaksud kontens di sini adalah hasil atau prestasi kerja, narasi dan gagasan cerdas untuk Indonesia masa depan. Ganjar dibanding Anies memang masih sangat jauh. Anies lebih kuat untuk kompetisi pada lari maraton, karena nafasnya lebih panjang. Kontens itu seperti nafas. 

    Belum lagi soal debat Capres. Akan ada lima kali debat Capres yang disiarkan "live" oleh TV. Hampir semua rakyat menonton debat ini. Tidak sekedar menonton, hasil debat akan menjadi pembicaraan publik di semua level. Di warteg, bicara debat Capres. Buruh tani di sawah bicara debat Capres. Semua kantor akan diisi obrolan tentang debat Capres di TV.  Anies punya keunggulan dan pengaruh di acara ini. 

    Kerja Ganjar melalui tim media yang masif dengan pemodal di belakang yang cukup kuat, untuk sementara berhasil menaikkan elektabilitas. Khususnya di Jawa Tengah dan sebagian Jawa Timur, kerja-krja tim Ganjar punya efek. Dengan catatan, Anies belum turun di dua wilayah ini. 

    BIGISSUE.ID
    market.biz.id BIGISSUE.ID
    20% Rp 125.000
    Beli sekarang!

    Saat ini, tim Ganjar dengan kekuatan logistik yang cukup, melawan para relawan Anies yang sedang terkonsolidasikan di setiap daerah, sudah mulai keteteran. Logistik tetap ada batasnya, sementara para relawan Anies memiliki militansi tinggi yang semakin menyebar. Boleh dibilang Anies vs Ganjar itu pertarungan militansi rakyat vs logistik. 

    Potensi Anies lebih besar dari calon lain, termasuk Ganjar, dilihat dari beragam variabel kemenangan. Belum lagi PKS dan PAN yang terkunci konstituennya oleh Anies. Ada efek elektoral yang tidak bisa dihindari oleh kedua partai ini terkait dengan dukungan konstituen kepada Anies Baswedan. Inilah fakta politik yang dihidangkan oleh masyarakat saat ini.

    Karena itu, deklarasi PPP untuk "Anies for Presiden 2024" boleh dibilang menjadi pilihan satu-satunya untuk mendapatkan efek elektoral.

    Tidak hanya PPP, sinyal dukungan Nasdem kepada Anies Baswedan telah menambah elektabilitas partai besutan Surya Paloh ini. Adanya fakta bahwa rakyat sedang menyukai Anies, membuat partai apapun yang mendukung Anies akan mendapat dukungan dari para pendukung Anies. 

    JEJAKPOLITISI.COM
    market.biz.id JEJAKPOLITISI.COM
    20% Rp 125.000
    Beli sekarang!

    Hal yang sama diduga terjadi juga pada Partai Demokrat. Elektabilitas Partai Demokrat terus naik seiring dengan hubungan harmonis antara Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dengan Anies. Sejauhmana pengaruh eletoralnya, Demokrat punya survei yang tidak untuk dipublish. 

    Jika Nasdem (9, 05%), PPP (4, 52%), Demokrat (7, 77%) , PKS (8, 21%) dan PAN (6, 84%) deklarasi mendukung Anies, sulit rasanya Anies untuk dilawan siapapun. Golkar (12, 31), sebagai partai pemburu calon pemenang, sulit juga untuk berpaling dari Anies. Sementara PKB (9, 69%), hanya perlu diajak komunikasi lebih intens.

    Saat ini, PPP selangkah lebih maju. Bagaimana dengan Nasdem, apakah akan segera deklarasi "Anies for Presiden 2024"? Kalau DPP Nasdem secara resmi mendeklarasikan Anies, maka Surya Paloh akan menyalip PPP.

    Jakarta, 5 April 2022

    Tony Rosyid
    Pengamat Politik dan Pemerhati Bangsa

    HUMAS.CO.ID
    market.biz.id HUMAS.CO.ID
    20% Rp 125.000
    Beli sekarang!

    Tony Rosyid PPP Nasdem
    Publiksumbar.com

    Publiksumbar.com

    Artikel Sebelumnya

    Jelang ASO Tahap Pertama, Penjualan TV Analog...

    Artikel Berikutnya

    Mulyanto Prihatin Cara Kerja Pemerintah...

    Berita terkait

    Peringkat

    Profle

    Afrizal verified

    Joni Hermanto

    Joni Hermanto verified

    Postingan Bulan ini: 68

    Postingan Tahun ini: 130

    Registered: Nov 16, 2020

    Linda Sari

    Linda Sari verified

    Postingan Bulan ini: 65

    Postingan Tahun ini: 282

    Registered: Aug 12, 2021

    Fernando Yudistira

    Fernando Yudistira verified

    Postingan Bulan ini: 39

    Postingan Tahun ini: 149

    Registered: Sep 5, 2021

    Riski Amelia

    Riski Amelia verified

    Postingan Bulan ini: 26

    Postingan Tahun ini: 153

    Registered: Aug 3, 2021

    Profle

    Riski Amelia verified

    Berdayakan IPTEK, BKD Kabupaten Solok Berikan Kemudahan Pelayanan dan Tingkatkan PAD
    Resmi Dikukuhkan, Dewan Kehormatan dan Pengurus PMI 2022-2027 Siap Mengabdi Untuk Kemanusiaan
    Atasi Air Bersih, PDAM dan Damkar Kolaborasi Giat Cuci Hole Sumur Bor Daerah
    Diduga Pelaku Cabul, Oknum Mahasiswa Ditangkap

    Rekomendasi

    Sekda Andree Algamar Hadiri Peresmian Pusdiklat GRHA Samatha Giri Padang
    Sekdako Padang Andree Algamar Hadiri Sertijab Ketua Pengadilan Negeri Padang
    Anwar Hafid Berharap Pemerintah Jalankan Putusan MK Terkait Pengisian Pejabat Sementara Kepala Daerah
    Peringati Hari Bhayangkara, Polda Sumbar Gelar Kejuaraan Menembak
    Kerja Sama dengan BTN dan Sucofindo, Mahyeldi Minta Rumah Makan Padang di Luar Sumbar Disertifikasi

    Ikuti Kami